CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Monday, May 14, 2007

Dengan nama Allah yg Mahapengasih lagi Mahapenyayang.

Rasululloh Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda, yang artinya: "Tidak masuk Surga orang yang di dalam hatinya terdapat seberat atom(zahrah) rasa sombong."
Kemudian beliau bersabda, yang artinya: "Sombong yaitu menolak kebenaran dan meremehkan manusia." (HR: Muslim)

jangan sombong dgn apa yg kita ada..Allah berkuasa utk memberi dan menarik kembali nikmatnya..jika ada ilmu yg kamu tahu ajarkn lah..jika ada masalah yg kamu mmpu selesaikan..usaikanlah,jika ada keperluan yg kamu mmpu cukupinya maka segerakanlah..hormatilah org2 disekeliling kalian..tidak kira sebesar mana pun darjat ataupun ilmu mereka..berlaku santun lah kamu pada sesiapa sahaja..hatta pada kanak2 dan org2 yg kurang upaya..sedangkan Rasulullah S.A.w itu sendiri merupakan semulia-mulia manusia dan beliau jugala mnusia yg paling penyantun dikalangan manusia..


Al-Husein cucu beliau menuturkan keluhuran budi pekerti beliau. Ia berkata: "Aku bertanya kepada ayahku tentang adab dan etika Rasululloh shallallahu 'alaihi wasallam terhadap orang-orang yang bergaul dengan beliau, ayahku menuturkan: "Beliau shallallahu 'alaihi wasallam senantiasa tersenyum, luhur budi pekerti lagi rendah hati, beliau bukanlah seorang yang kasar, tidak suka berteriak-teriak, bukan tukang cela, tidak suka mencela makanan yang tidak disukainya. Siapa saja yang mengharapkanya pasti tidak akan kecewa dan siapa saja yang memenuhi undangannya pasti akan senantiasa puas. Beliau meninggalkan tiga perkara: "riya', berbangga-bangga diri dan hal yang tidak bermanfaat." Dan beliau menghindarkan diri dari manusia karena tiga perkara: "beliau tidak suka mencela atau memaki orang lain, beliau tidak suka mencari-cari aib orang lain, dan beliau hanya berbicara untuk suatu maslahat yang bernilai pahala." Jika beliau berbicara, pembicaraan beliau membuat teman-teman duduknya tertegun, seakan-akan kepala mereka dihinggapi burung (karena khusyuknya). Jika beliau diam, barulah mereka berbicara. Mereka tidak pernah membantah sabda beliau. Bila ada yang berbicara di hadapan beliau, mereka diam memperhatikannya sampai ia selesai bicara.

Pembicaraan mereka disisi beliau hanyalah pembicaraan yang bermanfaat saja. Beliau tertawa bila mereka tertawa. Beliau takjub bila mereka takjub, dan beliau bersabar menghadapi orang asing yang kasar ketika berbicara atau ketika bertanya sesuatu kepada beliau, sehingga para sahabat shallallahu 'alaihi wasallam selalu mengharapkan kedatangan orang asing seperti itu guna memetik faedah. Beliau bersabda, yang artinya: "Bila engkau melihat seseorang yang sedang mencari kebutuhannya, maka bantulah dia." Beliau tidak mau menerima pujian orang kecuali menurut yang selayaknya. Beliau juga tidak mau memutuskan pembicaraan seeorang kecuali orang itu melanggar batas, beliau segera menghentikan pembicaraan tersebut dengan melarangnya atau berdiri meninggalkan majlis." (HR: At-Tirmidzi)